pakan-nabati-ALTERNATIF-ikan-koi.

5 Pakan Nabati Terbukti Perkuat Warna Ikan koi

Penghobi ikan hias tentunya sangat sensitif dengan warna ikan yang dimilikinya. Sesuai dengan namanya ikan hias. Tentu warna harus sesuai dengan keinginan penghobi untuk menghiasi kolam atau aquariumnya. Peluang ini pun menjadi pasar empuk bagi produsen pakan yang ingin terjun di komoditas ikan hias. Sudah banyak pakan ikan khusus untuk ikan hias yang diklaim oleh produsen masing-masing. Klaim dari para produsen pastinya tidak jauh-jauh dari masalah warna atau pigmen. Sehingga, mereka bisa menarik hati para konsumen di komoditi ikan hias.

Ikan koi merupakan komoditas ikan hias yang punya pasar sangat besar di Indonesia. Selain ikan koi, komoditas ikan hias lain yaitu, ikan cupang, ikan mas koki, ikan manfish dan masih banyak lagi. Namun, karena ikan koi ini berukuran besar saat dijual ke konsumen. Dengan rentang panjang 10 cm-35 cm yang siap edar di pasaran. Ukuran tubuh yang besar tentunya perlu pakan yang banyak dan masa budidaya yang lama pula. Tak heran para pembudidaya menghabiskan berpuluh-puluh karung untuk menyiapkan ukuran yang diminta pasar.

Baca Lebih Lanjut : Viral, Lukisan Raksasa Ikan Koi di Jalan Aspal Magelang

Selain pakan pabrikan, sebenarnya masih banyak pakan alami yang belum diketahui manfaatnya. Dalam artikel ini merangkum beberapa pakan alami yang mudah didapat. Selain itu, juga dapat memperkuat pigmen dari ikan koi. Secara teori, pigmen ikan memiliki beberapa macam warna. Terdapat melanophores, erythrophores, xanthophores, cyanophores, leucophores and iridophores. Itu macam-macam pigmen ikan. Pada Xanthophores terdapat carotenoid yang juga memberi warna. Namun, carotenoid harus didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Berikut daftarnya.

wortel pakan koi

1.   Wortel yang kita makana sehari-hari ternyata dapat memperkuat pigmen ikan koi. Menurut Jurnal Bioedukasi Vol.8 (2), dengan peneliti Dwijowati dan Agustina, menjelaskan bahwa wortel dengan warna oranye mengandung beta-karoten. Percobaan yang dilakukan yaitu dengan mencampurkan wortel 50% dari total pakan sehari. Setalah pemberian pakan pada hari ke-15 sudah ada peningkatan waran pigmen di ikan koi. 

labu kuning koi

2.    Labu Kuning, pada sumber yang sama seperti wortel diatas. Ternyata labu kuning juga memiliki kandungan beta-karoten. Alhasil setelah dilakukan pengujian denga dosis 50% dari total pakan. Pada hari ke 15 dan ke-30 menunjukkan perubahan pada warna ikan. Bahkan lebih tinggi sedikit dibandingkan wortel

buah naga

3.  Buah naga merahSiapa sangka warna merah pada buah naga pun ternyata sangat bermanfaat untuk ikan koi. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut. Buah naga merah juga mengandung banyak vitamin dan beta-karoten. Menurut Peneliti dari Jurnal Media Akuatika Vol. 3 (1), Nursina dkk menyebutkan bahwa penambahan tepung buah naga 15% dalam pakan dalam memperkuat warna oranye dan hitam pada ikan koi. Penelitian tersebut dilakukan selama 42 hari

 

Spirulina-platensis.

4.   Spirulina (fitoplankton).  Sudah banyak sekali pemanfaatan fitoplankton dalam mendongkrak pakan. Sekarang dikembangkan lagi fitoplankton dengan spesies Spirulina platensis. Menurut sumber dari Jurnal Akuakultur Indonesia 5(1), peneliti N.B.P Utomo dkk mengatakan bahwa pemberian Spriulina platensis pada pakan sebanyak 1% dalam bentuk pasta dapat mencerahkan warna merah pada ikan koi jenis kohaku. Penelitian tersebut dilakukan selama 5 minggu. Namun, perubahan warna pada ikan tidak diikuti dengan pertambahan panjang bercak merah pada tubuh.

      Baca Lebih Lanjut : Inilah Faktor Penting Memilih Pakan Ikan

paprika merah

5.   Paprika merah yang rasanya manis tidak lupus dari mata peneliti. Buah ini juga memiliki kandungan karoten didalamnya. Setelah dilakukan penelitian yang diupload di Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 7(2), Nindya mahasiswa akuakultur Universitas Airlangga ini telah berhasil mencari presentase yang tepat. Pasalnya penelitian yang dilakukan dengan dosis lebih dari 5% perasan paprika ke dalam pakan membuat ikan mati. Sedangkan, pada konsentrasi 5% dalam wakti 21 hari pigmen merah ikan koi lebih pekat.

Sekian artikel ini. Sebenarnya masih banyak pakan alternative lain yang bisa dibahas. Tunggu update selanjutnya di artikel terpisah. Semoga bermanfaat. Salam sukses.

SILAHKAN BAGIKAN KE TEMAN ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *