Bentuk Kolam Paling Cocok untuk Budidaya Ikan

Tempat hidup ikan merupakan faktor penting lain yang harus dijaga. Bentuk kolam yang banyak orang tidak mempermasalahkan, bahkan bisa jadi masalah. Kita harus tau bentuk kolam yang cocok. Aga budidaya ikan menjadi lebih baik dan tepat sasaran. Bentuk kolam ada banyak model dan ukuran. Ada segitiga, bujur sangkar, bulat dan persegi panjang.

Manakah yang lebih BAGUS ?

Semua bentuk mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dengan bentuk bentuk tersebut juga ada dampak yang signifikan terhadap ikan. Hal tersebut karena bentuk kolam yang juga merupakan wadah air. Dari beberapa bentuk tersebut. Rata-rata pembudidaya menggunakan bentuk persegi panjang karena pembuatannya yang simple dan hemat tempat.

Apakah PERSEGI PANJANG dan BUJUR SANGKAR itu sama ?

BEDA. Perbedaan terdapat di sisi masing masing, yang mana yang satu panjang sisinya sama. Kemudian ada yang panjang sisi nya berbeda. Untuk penggunaan secara umum, kolam persegi panjang lebih bagus pada ikan. Karena, jika dibuat dengan luas yang sama. Persegi panjang memiliki keliling kolam yang lebih panjang. Hasilnya jika dinding ditumbuhi lumut untuk pakan ikan, maka kolam persegi panjang lebih banyak lumutnya. sebagai contoh kolam yang luasnya 600 meterpersegi dengan ukuran 15x40m akan memiliki keliling tepian 110m (rumus keliling (2 X P) + (2 X L)). Pada kolam ukuran 25×24 keliling tepian hanya 98m. ada berbedaan 12 m atau 12% dari keduanya.

Bagaimana dengan kolam berbentuk SEGITIGA dan BULAT?

Kolam segitiga memang sangat jarang sekali dipakai karena bentuknya yang kurang disukai. Sedangkan kolam bulat memiliki bentuk yang unik serta pembuatan yang rumit. Jika dibandingkan keduanya sangat berbeda. Kolam segitiga memiliki sudut sedangkan kolam bulat tidak. Namun, keduanya rata-rata memiliki pembuangan air ditengah yang dapat membuang air kotor lebih cepat dan tepat pada endapannya. Meskipun kolam bulat lebih rumit. Sekarang banyak orang membuat kolam bulat dari terpal yang berangka kawat besi atau anyaman bambu.

Apakah kolam segitiga dan bulat itu BURUK ?

Sama sekali tidak. Menurut Heru Susanto, penulis dari buku populer yang berjudul “Aneka Kolam Ikan”  terbitan Penebar Swadaya menjelaskan bahwa kolam segitiga sangat efisien. Hal tersebut dibandingkan dengan kolam persegi panjang maupun bujur sangkar. Hasilnya aliran air sangat lancar dan kotoran atau limbah dapat terbuang dan terkempul tepat di dasar kolam. Untuk kolam segitiga biasanya digunakan pada aliran deras. Sama halnya dengan kolam bulat. Kolam ini tidak memiliki sudut. Sehingga aliran air akan terjamin. Pembuangan kotoran juga sangat mudah dilakukan

Bingung mau pilih yang mana ? begini CARANYA.

Jika anda memiliki lahan yang sempit dan tidak mau repot mendesain kolam. Maka kolam persegi panjanglah pilihannya. Bentuk simpel dan lebih efisien dibandingkan kolam bujur sangkar.  Namun jika didaerah dekat kolam terdapat aliran sungai yang cukup deras. Kita bisa membuat kolam segitiga atau kolam bulat. Memanfaatkan aliran air pada kolam tersebut untuk menjaga sirkulasi dan pembuangan kotoran yang lebih cepat. Era sekarang banyak yang menggunakan kolam bulat untuk pembesaran dan pembenihan. Hal tersebut karena kolam bulat harus memerlukan aliran deras, bahkan tidak ada aliran pun bisa digunakan. Rata-rata kolam bulat terbuat dari terpal jenis orchid bisa tahan 5-7 tahun dengan harga lebih terjangkau dari pada semen.

Yap memang sangat banyak varian kolam yang ada. Kita tentunya harus tau mana yang akan kita pilih untuk memaksimalkan budidaya. Serta sesuai dengan keuangan yang ada.

Oke terima kasih, semoga bermanfaat. Silahkan share dan komen dibawah untuk diskusi lanjut.

SILAHKAN BAGIKAN KE TEMAN ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *