chlorophyceae fitoplankton

Fakta-Fakta Fitoplankton dan Zooplankton di Perairan

Surgaikan.com – Pernah melihat warna air berubah jadi hijau, hijau tua atau hijau muda? Bahkan bisa menjadi merah atau merah muda. Jika dilaut kita melihat airnya menjadi biru. Sobat air sudah tahukah apa penyebab itu semua? Mereka adalah mikroorganisme yang berada di kolom perairan. Biasa disebut fitoplankton. Kenapa mereka berwarna ? dan apakah mereka berbahaya ? simak dibawah ini.

air-laut
Warna biru air laut karena fitoplankton - Photo by Kees Streefkerk on Unsplash

Fitoplankton (Fito yang berarti tumbuhan)

Mikroorganisme, begitulah tepatnya. Mikro artinya sangat kecil. Jadi mereka sangatkecil sekali. Namun, mereka adalah mahluk hidup juga. Mereka makan dan berkembang biak. Fitoplankton merupakan mikroorganisme yang melayang-layang mengikuti arus air. Mereka terbang kesana kemari. Jika diibaratkan, mereka adalah pohon. Mereka yang menyerap cahaya matahari menjadi oksigen. Mereka membutuhkan zat organic dari ikan misal feses untuk proses tersebut. Sehingga mereka juga disebut produsen. Karena dapat membuat makanannya sendiri. Fitoplankton terbagi menjadi 4 kelas yaitu alga coklat, alga merah, alga hijau dan alga hijau-biru.

fitoplankton
Alga Hijau Biru - Fitoplankton jika dilihat di mikroskop by flickr.com

Jika kita melihat pembagian tersebut maka sudah dapat disimpulkan bahwa mereka yang membuat air berwarna. Namun, fitoplankton hanya dapat diamati lebih detail dengan mikroskop perbesaran 400x-1000x kali. Jika menggunakan mata biasa kita hanya melihat mereka bergerombol membentu warna air menjadi hijau tua, hijau muda bahka seperti di air laut, warna biru. Semua warna tersebut karena fitoplankton yang mendominasi perairan. 

chlorophyceae fitoplankton
alga hijau - by flickr.com

Zooplankton (Zoo yang berarti hewan)

Jika fitoplankton diibaratkan seperti pohon. Maka zooplankton ini merupakan mikroorganisme juga yang memakan pohon (fitoplankton) tersebut. Zooplankton juga dimakan oleh ikan-ikan kecil. Berbeda dengan fitoplankton yang melayang-layang di air. Zooplankton dapat berenang bebas. Mereka berukuran lebih besar. Pada ukuran dewasa, zooplankton dapat diamati oleh mata telanjang tanpa mikroskop. Zooplankton tidak dapat membuat makanan sendiri. Oleh karena itu, mereka memakan fitoplankton. Zooplankton juga dimakan oleh benih-benih ikan yang berukuran kecil karena sesuai dengan bukaan mulu benih ikan tersebut.

artemia dan dahpnia surgaikan.com
Biasa disebut Kutu Air - Zooplankton

Oke. Lanjut. Apa manfaat keduanya ?

Jadi kedua mikroorganisme tersebut secara umum dapat dibagi menjadi 2 manfaat. Yang pertama mereka dapat menjadi pakan alami. Baik fitoplankton maupun zooplankton. Karena ukuran mereka yang sangat kecil dapat dimungkinkan benih ikan dapat melahap mereka. Yang kedua, fitoplankton dapat menjadi penyeimbang ekosistem perairan. Misalnya pada kolam yang berwarna hijau tua, kemudia mereka berubah menjadi hijau muda dan atau ke coklat. Hal tersebut harus menjadi perhatian khusus oleh petani. Karena pergeseran warna tersebut berarti juga dampak dari pergeseran jenis fitoplankton. Disini peran zooplankton sangat kecil karena zooplankton yang memangsa fitoplankton jumlahnya jauh lebih sedikit.

Apakah pergeseran warna tersebut berbahaya ?

Bisa iya tapi juga bisa tidak. Pegeseran jenis plankton tersebut dipengaruhi oleh nutrisi yang ada diperairan serta kondisi suhu dan pH yang ada. Karena berbeda jenis plankton, maka berbeda pula karakter air yang mereka suka. Jadi jika terdapat pergeseran warna, fitoplankton juga berubah, maka kualitas air harus segera diperhatikan. Telat sedikit, ikan bisa kaget, stress dan nafsu makan menurun. Pergeseran tersebut juga bisa tidak berbahaya. Jika ikan dapat beradaptasi dan daya tahan tubuh lebih kuat.

Kapan hal itu terjadi ?

Biasanya terjadi saat pemberian pakan berlebih, hujan deras turun dan pergantian cuaca mendadak. Hal tersebut mungkin terjadi karena 3 kejadian tersebut berdampak langsung ke dominasi plankton. Jika terjadi karena 3 hal tersebut segera beri perhatian lebih ke air dan kontrol juga kondisi ikan.

Oke semoga bermanfaat. Artikel ini akan disambung lebih spesifik lagi di artikel selanjutnya. Salam sukses.

SILAHKAN BAGIKAN KE TEMAN ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *