ikan lele surgaikan

Hal Penting Wajib Diketahui pada Pembesaran Ikan Lele

ikan lele surgaikan

Surgaikan.com – Menjadi pembudidaya lele, khususnya pembesaran sangat memerlukan jam terbang dan ilmu yang cukup. Tidak asal-asalan, banyak pemula yang tersiksa karena setelah terjun ke bidang ini, mereka merasa kesulitan. Sebab, mereka yang kurang belajar atau hanya iseng saja, kita tidak tau. Namun, hal yang paling penting adalah kita harus benar-benar mengetahui hal-hal apa saja yang sekiranya penting dilakukan. Mari kita simak dibawah ini !!!

suhu-air-surgaikan.com

Suhu

Ya, sudah bukan rahasia lagi. Pada musim kemarau dan musim peralihan/pancaroba/bediding suhu akan turun drastis hingga dibawah 25 ºC. Mengingat ikan lele yang merasa dari afrika ini lebih cenderung suhu yang hangat sekitar 28-34 ºC. Pada musim-musim tersebut juga menjadi bukti bahwa daya tahan tubuh si ikan berkumis ini langsung drop. Akhirnya kematian masal hingga terjangkitnya penyakit yang sangat cepat menyebar pada suatu kolam. Yang harus dilakukan yaitu

  1. Ganti air 20-40%, namun harus diingat bahwa penggantian air ini ikan lebih amannya harus dipuasakan 24 jam untu menghindari stress.

  2. Memberi alas sekam pada aera terpal bawah sisi luar kolam. Sekam memang dikenal lebih hangat untuk alas

  3. Air di alirkan secara bolak-balik/resirkulasi, jika air dalam kondisi diputar oleh pompa, maka suhu dasar dan suhu permukaan kolam akan sama rata.

Baca juga : Ganti Air Akuarium hingga 90%, Begini Caranya.

alat sortir grading ikan surgaikancom

Grading/sortir/serit/pemisahan ukuran

Ini merupakan hal yang wajib dan sangat penting dilakukan. Grading/sortir dilakukan untuk menurunkan potensi kanibalisme. Wajarnya ikan lele akan memangsa apa saja yang sesuai dengan bukaan mulutnya. Semakin lama jika dibiarkan maka akan semakin berkurang jumlahnya, semakin bengkak juga ruginya. Tindakan penyortiran ini dilakukan biasanya sebulan sekali. Umumnya setiap 1 bulan biasanya baru terlihat pertumbuhan yang signifikan. Jadi total bisa mencapai 3x grading dalam 1 siklus 4 bulan. Caranya sebagai berikut :

1. Sebelum dilakukan grading, hendaknya dipuasakan dahulu 24 jam/ 1 hari

2. Siapkan kolam yang akan dijadikan tempat ikan lele yang digrading, jika ukuran sama dengan kolam lain, maka boleh dijadikan satu namun jangan lupa padat tebarnya

3. Kemudian gunakan alat grading lele sesuai ukuran

4. Lakukan grading dengan cepat agar tidak stress

5. Setelah grading usahakan puasakan lagi 12 jam-24 jam. Beri pakan secukupnya

ikan rucah pakan alternatif

Pakan alternatif

Karena pakan merupakan modal utama budidaya, hamper semua pembudidaya menggunakan pakan alternative selain pelet pabrik. Penggunaan pakan alternatif harus dipikirkan efek sampingnya. Jika memang dapat menekan biaya, pakan harus aman untuk ikan lele itu sendiri. Banyak kejadian yang disebabkan penggunaan pakan alternatif berlebih dapat merusak kualitas air. Mungkin pada 3 hari pertama setelah pemberian pakan alternatif, air kolam biasa-biasa saja. Namun, pada hari berikutnya kondisi kolam akan tercium bau busuk dan parahnya ikan lele banyak yang mengambang. Maka dari itu, kita perlu melakukan tindakan untuk mengurangi resiko tersebut.

Baca juga : 5 Pakan Nabati Terbukti Perkuat Warna Ikan koi

Hal mudah untuk mengantisipasinya yaitu menguras air sekitar 40-50% nya. Dengan catatan ikan harus dipuasakan 12 jam sebelum dan setelahnya. Guna untuk memperbarui air yang bisa saja tercemar bahan organik dari pakan alternatif. Beberapa pakan alternatif yang biasa dipakai yaitu limbah jeroan/organ pencernaan ikan dan ayam, sosis basi, limbah fillet ikan, limbah ayam mati dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat. Salam sukses.

SILAHKAN BAGIKAN KE TEMAN ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *