Kenali Jenis Penyakit dan Cara Pengobatannya

Kondisi ikan yang tidak terlalu bagus akan berdampak negatif. Bisa saja ikan akan mengalami stress, tidak nafsu makan, maupun terkena penyakit. Beberapa kasus ikan yang mengalami penurunan performa dalam beberapa hari tidak tertolong. Hal tersebut bisa terjadi. Bahkan gampang terjadi. Itu terjadi pada satu kasus individu. Jika kita memelihara jumlah yang banyak pastinya penularan akan lebih cepat. 

Apa saja macam-macam jenis
PENYAKITNYA

 

Terdapat beberapa macam penyakit. Penyakit di kelompokkan dari penyebabnya. Mulai dari yang disebabkan karena bakteri, virus, dan jamur. Ketiga penyebab tersebut sangat mudah sekali menyerang ikan pada kondisi lingkungan yang buruk dan saat daya tahan tubuh menurun. Dengan hanya hitungan hari jika kita tidak berhati-hati dalam bertindak. Mudah untuk mematikan 50% dari populasi di kolam.

Adakah cara PENCEGAHAN ?

 

Pasti dan selalu ada. Para peneliti di bidang perikanan sekarang mayoritas fokus ke pencegahan, bukan pengobatan. Hal tersebut karena sangat riskan sekali mengobati ikan dan juga tidak efisien. Karena ikan berbeda dengan hewan lain. Ada media air yang mana jika kita memasukkan obat pada perairan, maka kondisi keseimbangan air akan berubah. Ada beberapa cara dalam melakukan pencegahan. Bisa dilakukan dengan menambah vitamin atau suplemen pada pakan, pemberian probiotik pada perairan, pada cuaca buruk dapat dilakukan penggantian air berkala pada kolam, menjaga suhu, pH dan oksigen yang cukup serta mengontrol jumlah pakan yang masuk ke kolam.

Apakah langkah-langkah tadi SUDAH CUKUP ?

 

Belum. Masih banyak hal-hal lain untuk pencegahan. Salah satu yang paling baik adalah memperkuat daya imun/kekebalan, melakukan karantina ikan (skala kecil) dan merawat keseimbangan kualitas air. Caranya dengan memberikan vitamin, khususnya vitamin C atau makanan yang mengandung vitamin C bisa diberikan. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa ikan pun butuh vitamin C. Untuk karantina ikan, biasaya dilakukan oleh penghobi ikan hias juga sangat penting dilakukan. Karantina berfungsi sebagai pencegahan penularan penyakit lebih lanjut. Sekaligus memberi pEngobatan atau perawatan tertentu. Selanjutnya, tinggal memastikan bahwa kondisi perairan di kolam dalam keadaan bagus. Caranya dengan selalu melakukan penyiponan atau mengeluarkan kotoran di dasar kolam, melakukan penganntian air maksimal 30% dan kita tambahkan bakteri pembantu pencernaan dan pengurai kotoran. Jika anda bingung spesies bakteri yang digunakan. Langsung saja membeli probiotik khusus untuk perikanan. Biasanya probiotik komersial akan menawarkan bermacam-macam bakteri baik yang dapat membantu ikan bertahan dalam segala kondisi dan merawat kondisi perairan juga. Berikut contoh daftar bakteri probiotik. 

Bagaimana jika ikan TERLANJUR SAKIT ? 

apakah tidak bisa tertolong?

 

Masih ada harapan besar untuk bisa sembuh. Beda penyebab penyakit, beda pula caranya. Pada penyakit yang disebabkan oleh bakteri, maka kita perlu memberikan antibiotik yang bisa diberikan pada pakan atau pada perairan langsung. Jika ikan terserang jamur, maka cukup menambahkan garam perikanan pada kolam atau wadah untuk karantina. Terakhir adalah virus, jika terkena virus maka tidak ada cara lain kecuali sebelumnya ikan sudah memperoleh vaksin. Jika belum maka kemungkinan besar akan mati. Namun, bukan hal yang tidak mungkin jika kita memberikan imunostimulan untuk menaikkan sistem kekebalan tubuh.

Imunostimulan adalah pertahanan alami atau sistem imun dari tubuh ikan sendiri. Imunostimulan juga berperan aktif dalam menyeimbangkan kekebalan tubuh dalam menghadapi penyakit. Imunostimulan dapat diperkuat dengan menambahkan beberapa makanan alami yang mengandung imuno.

Ada beberapa hal yang harus dibahas satu persatu nanti pada artikel selanjutnya. Karena beberapa hal diatas hanya bersifat umum. Bahasan khususnya akan dilanjutkan pada artikel terpisah.

Semoga bermanfaat. Silahkan komen dibawah untuk berdiskusi.

SILAHKAN BAGIKAN KE TEMAN ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *