ikan mati karena miskin oksigen

Listrik Padam di DKI Jakarta, Duka Penghobi Ikan Koi

Senin, 5 agustus 2019. Pemadaman tiba-tiba terjadi sekitar jam 11.00 WIB waktu setempat. Pemadaman berlanjut sampai malam hari. Beberapa orang mulai mengkritisi, bahkan ada yang akan menuntut pihak PLN atas pemadaman tersebut. Kita tahu bahwa pemadaman yang memakan waktu lama bakal mengganggu aktifitas lain. Terutama yang menggunakan listrik. Kebanyakan para penghobi koi menggunakan pompa filter dan aerator listrik. Jika lebih dari 4 jam. Sudah dipastikan. Gejala kurang oksigen di kolam akan terjadi

Memang benar. Rata-rata para penghobi ikan koi mengisi kolamnya yang mini dengan ikan yang banyak dan besar pula. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan oksigen akan semakin meningkat seiring bertambahnya populasi ikan. Tidak heran, para penghobi ini selalu menyiapkan pompa filter dan tidak lupa aerator tambahan jika perlu. Tentunya semua unit tersebut memerlukan daya dari listrik untuk tetap berjalan. Ibarat kebiasaan, ikan koi akan terbiasa dengan kandungan oksigen yang tinggi disuplai dari percikan air dari pompa filter dan aerator. Jika tiba-tiba listrik padam, paling buruk lebih dari 3.5 jam. Bisa dipastikan seluruh ikan akan berlomba-lomba mencari udara tambahan. Karena semakin lama akan semakin tipis kandungan oksigen di kolam.

Seperti kasus-kasus yang di alami beberapa anggota Grup Facebook Komunitas Pecinta ikan Koi (KPK). Beberapa anggota juga menyesalkan lamanya pemadaman. Namun, rata-rata para penghuni grup tersebut sudah memiliki cara agar ikan koi kesayangannya tidak kekurangan oksigen. Mereka memilih model pompa AC/DC yang bisa menyimpan listrik sementara jika listrik padam. Namun, karena daya simpan yang terbatas. Tak bisa dipungkiri, kapasitas hanya 4 jam tanpa listrik, sedangkan pemadaman bisa sampai 7 jam lebih. Alhasil banyak ikan koi yang tidak tertolong.

Lalu, adakah yang masih bertahan ?

 

Tidak kurang akal. Ada beberapa penghobi yang ikannya 100% selamat dari pemadaman listrik tersebut. Rahasianya adalah saat mati listrik, kita harus menghentikan pemberian pakan sementara. Bisa dibilang ikan dipuasakan sementara. Menurut beberapa penghobi, memang cara mengehentikan pemberian pakan atau dipuasakan akan membuat ikan ini lebih tahan terhadap perubahan lingkungan. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan genset (generator listrik kecil) untuk mengganti suplai listrik ke pompa air nya. Namun, ada juga yang tidak menggunakan genset, mereka menggunakan tabung oksigen yang aliran selangnya di masukkan ke kolam. Prinsipnya sama. Tapi ada juga yang memilih dari awal ikan ditebar dengan kepadatan yang rendah sehingga tidak kekurangan oksigen saat listrik padam. Hal tersebut sebenarnya pernah diulas pada artikel terdahulu mengenai kandungan oksigen (klik disini untuk membaca).

Cara-cara yang dilakukan oleh para penghobi tersebut memang sudah benar. Itulah mengapa kita harus sediakan payung sebelum hujan. Kita tahu bahwa ikan koi bukanlah ikan yang murah. Para penghobi rela merogoh kantong lebih dalam untuk membeli ikan yang mereka anggap sangat menawan tanpa melihat harga. Yang penting hobi tersalurkan, ikan bisa berenang di kolam majikan.

Sekian info hari ini. Semoga bermanfaat.

SILAHKAN BAGIKAN KE TEMAN ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *