pH paper surgaikan.com

Pentingnya Pengaruh pH atau Derajat Keasaman di Perairan

 

pH paper : alat pengukur pH

pH singkatan dari power of Hydrogen

atau bahasa indonesianya Derajat Keasaman yang merupakan definisi aktivitas ion H+ dari suatu reaksi kimia
 

Tingkat keasaman diperairan sangat vital bagi ikan yang hidup di dalamnya.

Nilai keasaman atau disebut pH merupakan tolok ukur apakah air tersebut dalam kondisi asam atau cenderung basa. Kita tahu tingkat keasaman terdapat skala 1 sampai dengan 14. Dengan skala 1 sampai 6 itu berarti asam. Skala 7 berarti netral, dan skala 8 sampai 14 berarti basa. Asam atau basa suatu perairan pasti banyak penyebab yang mengakibatkan dinamika tersebut. Mari kita simak satu persatu mengenai tingkat keasaman dan basa pada perairan sebagai berikut.

Yang pertama mari kita bahas tentang skala asam.

Dari skala 1 sampai 6, dari skala paling kecil yaitu 1 disebut asam kuat dan skala besar yaitu 6 disebut asam lemah. Kondisi asam diperairan dapat dikarenakan aktifitas pembusukan yang tinggi dan penumpukan zat-zat organik seperti feses dan zat eskresi (zat sisa metabolism lain) yang jika dalam jumlah banyak akan menurunkan pH menjadi cenderung asam dan dapat menyebabkan ikan terganggu. Selain itu feses dan sisa pakan yang tidak termakan akan menjadi racun pada pH asam karena ammonium (NH4) akan semakin toksik pada pH dibawah skala 7.

Yang kedua yaitu

Skala 7 merupakan pH netral yang banyak disukai oleh semua orang

skala 7 pada pH merupakan kondisi stabil atau netral sehingga menimbulkan keseimbangan reaksi kimia. Seperti halnya air mineral yang kita minum. Tidak berasa. Tidak berbau. Itulah sifat netral yang sebenarnya. Sebagai informasi bahwa pH netral itu tidak harus tepat pada skala 7. Namun, dapat pada skala 7,4 bahkan 7,7 pun dianggap masih netral. Dengan syarat belum menyentuh skala 8.

pH paper surgaikan.com

 

Yang Ketiga dan terakhir yang suka basa basi adalah.

pH basa pada skala 8 sampai 14

Dimana skala lebih besar disebut dengan basa kuat, sebaliknya dari skala asam diatas. Kondisi basa sangat jarang terjadi. Hal tersebut karena kondisi basa biasanya maksimal perairan yang umum pada skala 8,9. Lebih dari itu sangat jarang skali kecuali ada perlakuan khusus atau pencemaran kimia lain. Skala basa juga dapat disebabkan karena jumlah mineral pada sumber air sangat tinggi. Sangat mungkin skala menunjukkan pada angka 8. Misal contoh air laut yang memiliki kandungan mineral lebih tinggi dari air tawar. sangat wajar jika pH air laut selalu diatas skala 8. sedangkan air tawar rata-rata skala 6-7,8.

 

Jika sudah mengetahui asam dan basa pada skala pH, 

Jadi pH dengan skala berapa yang PALING BAGUS untuk ikan? 

Jawabannya adalah skala yang mendekati 7 atau bisa dikatakan hampir netral. Batas minimal dan maksimalnya antara lain 6.4 sampai 8.7, batas tersebut minim resiko dan dapat dipastikan perairan dalam kondisi prima.

 

Bisakah kita MENGATUR tingkat keasaman suatu perairan?

Mau dinaikkan atau diturunkan skalanya apakah bisa? TENTU BISA. Tentunya mengukur pH harus menggunakan pH meter/pH pen. Tidak bisa dirasakan dengan lidah.

Cara Sederhana yang dapat dilakukan

Dan jika pH cenderung asam (skala dibawah 6) maka yang dilakukan yaitu memberikan kapur tohor/kaptan/kapur tani pada malam hari. Dan jika skala diatas 8 yang berarti cenderung basa, maka dapat dilakukan pemberian molase (plus probiotik jika ada) pada waktu siang hari. Atau jika anda malas, segera ganti air maksimal 40 persen dengan rentan waktu 2 jam sebelum/sesudah pemberian pakan untuk menghindari stress masal.

Sekian semoga bermanfaat. silahkan komen dan share artikel ini untuk orang disekitar anda. Salam sukses.

SILAHKAN BAGIKAN KE TEMAN ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *